Personal Excellent


Kita berharap, bahwa masing-masing diri kita sedang bergerak menuju Personal Excellent, atau Pribadi Ekselens.

 

Apakah

Personal Excellent

atau Pribadi Ekselens itu?

Tidak muluk-muluk. Setiap diri kita pasti bisa meraihnya. Bukan sebuah penampilan mewah atau tampak mewah atau yang dicitrakan hebat (dalam pandangan umum).

Personal Excellent adalah pribadi yang adaptif (menerima) perubahan menjadi-lebih-baik dalam dirinya dan terus mengupayakan perubahan-menjadi-lebih-baik dan menjadi pribadi yang dapat mengelola dirinya sendiri sehingga keberadaannya pun membawa efek positif bagi orang lain di sekitarnya. Kehadirannya senantiasa dinantikan banyak orang… Ga ada elu ga asyik… 😀

Itulah nilai pembelajaran diri, melakukan perubahan perilaku, ucapan, agar selaras dengan nilai kebaikan universal. Karena segala sesuatu itu (keberadaannya) adalah baik, dan diciptakan untuk kebaikan.

Pada tahap belajar, awal, bolehlah kita ‘menengok ke dalam’, ke dalam diri kita. Adakah yang masih perlu diperbaiki? Cara berpikir kita, cara pandang kita terhadap masalah, belief  yang support pada produktivitas dan kreativitas, termasuk adakah mental block, misalnya.

Bolehlah kita belajar… Agar setapak demi setapak kita melangkah ke arah evolusi-diri-yang-lebih baik, Personal Change, konsistensi tindakan dan ucapan, agar makin sukses dan memancarkan aura positif bagi sekitar!

Tengoklah ke dalam… sebelum bicara.. Singkirkan debu yang masih melekat…”

Dari dalam diri yang tenang dan hati damai, kita tengok dunia luar dengan damai dan dengan keyakinan

Karena…

Setiap situasi adalah BAIK.

Dan, menyebarkan kebaikan dan kedamaian serta pesan-pesan damai, mengajak orang-orang dalam jalan damai, akan menciptakan atmosfer dan ruang-hidup yang damai dalam diri kita. Selanjutnya, akan membuka Jalan-jalan Keajaiban, Miracle Ways dalam dunia-kehidupan kita.

Karena dalam suatu kelompok atau komunitas, terdapat nilai-nilai, belief, identitas dan perilaku, sehingga memungkinkan, setiap orang dalam kelompok tersebut memodel (meniru, mencontoh, meng-copy) orang lain dalam kelompok atau komunitas tersebut.

>>>>Silakan bergabung dalam group Facebook: <<<Personal Excellent Community>>>

dalam suatu kelompok/ komunitas…

Dalam suatu kelompok atau komunitas, terdapat nilai-nilai, belief, identitas dan perilaku, yang kemudian menjadi struktur yang mendominasi sehingga siapa saja dalam kelompok atau komunitas tersebut akan tunduk dan mengikuti nilai-nilai, belief, identitas dan perilaku kelompok. Terdapat proses belajar sosial dalam kelompok itu. Proses saling belajar ini terjadi karena adanya pertukaran unsur energi antar individu dalam kelompok tersebut.

Bagaimana ketika kita sendiri atau orang lain dalam kelompok itu, saling memodel (meniru, mencontoh, meng-copy)? Siapkah kita menjadi model bagi orang lain dalam kelompok/ komunitas kita? Siapkah Anda?

Atau, kita juga memodel (mencontoh, meng-copy) orang lain dalam kelompok/ komunitas kita? Ya… saling memodel!

Apakah saling memodel (dalam kelompok/ komunitas) ini artinya saling memberdayakan?

Tergantung para subjek yang ada di kelompok/ komunitas tersebut, adakah figur yang layak untuk dimodel. Andakah itu?

Kelompok atau komunitas itu bisa jadi adalah…

Keluarga

Sekolah

Kampus

Kelompok atau klub (klub hobby, profesi, dll)

Organisasi

Perusahaan

Unit-unit kerja dalam suatu organisasi pemerintahan dan bisnis

Dsb…

 

Contoh mudahnya demikian…

Jika anda berada di suatu kelompok tertentu, anda merasa nyaman dan banyak belajar dari perilaku orang-orang di kelompok tersebut, atau, anda merasa nyaman dan ‘kemistri”-nya enak, nyambung, dan anda merasa mendapat asupan energi baru… Itulah sedang terjadi proses memodel tipis-tipis tanpa anda sadari!

Maukah Anda memodel dengan cara yang lebih dahsyat, sistematis dan terencana?

Untuk kemudian Anda-lah yang dimodel oleh orang-orang di kelompok anda?

Inilah agent of change yang sesungguhnya !

Inilah dasar dari bekerjanya human factors  dalam perilaku organisasi dan perusahaan! Human factors juga bekerja pada dataran social development. Organisasi atau perusahaan itu bekerja pada ruang yang berisi orang, masyarakat, berlari pada track yang berisi orang-orang. Di landasan pacu yang berisi orang-orang, bagaimanakah organisasi atau perusahaan memfungsi-optimal-kan human factors yang dibina tersebut?

Lakukan perubahan pada dimensi human factors! Ini untuk menciptakan personal excellent pada personel, pegawai, dan segenap SDM pada organisasi atau perusahaan. Dan agar tidak lupa… bahwa yang disebut ‘organisasi’ itu bisa mulai dari ‘keluarga, sekolah, kampus, dsb’…

So… bagaimana…

peran Personal Excellent

dalam kehidupan ORGANISASI dan PERUSAHAAN

Anda seorang Direktur? Manajer? Kepala Departemen? Kepala Divisi? Kepala Bagian? Staf? Pegawai?

Apapun jabatan anda, tugas dan fungsi anda pasti menentukan dan berkontribusi pada laju atau kemajuan organisasi atau perusahaan anda, bukan?

Dalam kehidupan organisasi atau perusahaan, alur kerja dan teknis manajemen, tata kerja internal, pembagian tugas, hubungan antar personalia (personel), dsb adalah motor penggerak kemajuan organisasi atau perusahaan. Sentuhan perbaikan, perawatan (maintenance), peningkatan kapasitas yang berhubungan dengan pembagian tugas dan tata kerja internal, pada prinsipnya adalah merestrukturisasi faktor manusia (human factors) pada orang-orang yang menjalankan fungsi-fungsi tersebut.

Dalam konteks ini, faktor manusia (human factors) memproduksi 2 macam output (keluaran) yang menjadi asupan (input) pada organisasi atau perusahaan, yaitu: KEMAUAN dan KEMAMPUAN. Human factors, pada tata kerja organisasi atau perusahaan ditemukenali untuk menganalisis kebutuhan peningkatan kapasitas SDM aparatur atau personel, untuk mengarah pada pencapaian Personal Excellent, yaitu:

ADA kemauan + ADA kemampuan —> membutuhkan pemeliharaan personel/ pegawai baik di bidang teknikal (refreshing training) maupun non-teknikal (mental, mindset, perilaku)

ADA kemauan + TIDAK ADA kemampuan –> membutuhkan pelatihan teknis.

TIDAK ADA kemauan + ADA kemampuan –> membutuhkan pelatihan motivasi, untuk merevolusi mental personel/ pegawai.

TIDAK ADA kemauan + TIDAK ADA kemampuan –> salah rekrut orang.

 

Personal Excellent diperlukan dalam manajemen sumberdaya manusia untuk kemajuan organisasi/ perusahaan. Personal Excellent bekerja di area mental, mindset, pikiran, yang merupakan basic resources (sumberdaya dasar) pada diri setiap orang.

Personal Excellent

dalam kehidupan sosial…

Perubahan Sosial Berawal Dari Perubahan Personal

Personal Excellent Is Positive Human Factors

Personalitas Tangguh: Kunci Entrepreneurship

How To Become Social and Political Entrepreneur

Bekal Personal Excellent

Bagaimana Anda Mendefinisikan Diri

Kontrol Emosi: Kunci Kemenangan

Langkah Problem Solving Yang Powerful

Men-Setting Goal

Intuitive Decision Making: Apa Itu?

Membangun Percaya Diri

Menumbuhkan Kreativitas

Mengenal Mental Diet

Mengenal Mental Fitness

 

Iklan