hypno policy

Miracle Policy is Miracle Decision Making


Miracle Policy is Miracle Decision Making. Kebijakan, memuat unsur pembuatan keputusan. Pembuatan keputusan yang miracle, menghasilkan kebijakan yang miracle! Miracle Decision Making (MDM), bukanlah jenis pembuatan keputusan biasa, yang mana “decision making” mengandung pengertian serangkaian proses pemikiran, pertimbangan dan aksi, yang lazim digunakan dalam kebijakan publik. Namun, MDM dilakukan dalam nuansa creative thinking, yang berlandaskan intuisi dan personality yang excellent, sehingga disebut pula intuitive decision making: pembuatan keputusan yang berasal dari pertimbangan logika, kreativitas dan hati nurani.

Meminjam terminologi Brian Tracy, confident decision-making (pembuatan keputusan yang percaya diri) didapat dari trust your intuition! Mempercayai intuisi!

Intuition, intuisi merupakan pekerjaan pikiran bawah sadar yang bersifat murni dan jujur. Dalam olah “kanuragan” ilmu tentang pikiran, pikiran bawah sadar, alam bawah sadar, kesadaran jiwa, dsb, dikenal juga sebagai “hati nurani yang terdalam” atau “kesadaran sejati” atau “kesadaran yang lebih tinggi” (higher awareness), atau kesadaran dalam (inner awareness). Perbedaan penamaan ini adalah terkait perspektif yang digunakan, meskipun tujuannya sama yakni menjangkau alam batin – alam pikir yang lebih dalam untuk menaikkan level kesadaran dari “kesadaran luar (logika)” ke kesadaran dalam, yakni hati nurani. Nah.

Memadukan unsur “kesadaran luar” (logika, berpikir) dan “kesadaran nurani yang intuitif” ini memang bukan pekerjaan mudah, namun bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

Logika – kreativitas berpadu dengan intuisi dalam balutan “kesadaran dalam”, “kesadaran yang lebih tinggi”, menghasilkan keputusan, kebijakan publik yang berintegritas dan berhati nurani! -WK-

Banyak pendapat tentang pengambilan keputusan baik itu di ranah privat maupun publik, lebih-lebih keputusan politik, kebijakan publik, yang sering dianggap “tidak berdasar hati nurani”, tidak pro-rakyat, dsb. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa proses pengambilan keputusan lebih-lebih di ranah politik, sarat dengan berbagai kepentingan politik yang lebih sering subjektif, egois, tamak dan aji mumpung. Karenanya tidak jarang proses ini memakan waktu yang sangat lama, mbulet, berjalan alot dan penuh intrik pula, dan berujung tidak mesti pro-rakyat haha… Dapat dibayangkan betapa ruwetnya pikiran orang-orang yang terlibat di situ. Dan betapa kacaunya publik yang terdampak keputusan dan kebijakan yang ruwet! Di tengah-tengah keruwetan tersebut seringkali tekanan juga muncul bersamaan! Tekanan dari atas (pesan sponsor, instruksi tak tertulis), dari bawah (demo, tuntutan), dari samping (lobby, tekanan dari pressure group) muncul tanpa permisi dan tanpa kompromi serta tanpa mau tahu kondisi!

Miracle Policy, Miracle Decision Making, pada skala mikro (individual), menawarkan alternatif metode baru dalam proses pengambilan keputusan dalam kebijakan publik. Metode ini dirancang untuk membantu memberikan siraman kesejukan dalam proses ruwet nan panas itu dengan mendayagunakan segenap unsur pikiran, otak kiri – kanan, pikiran bawah sadar, intuisi, emosi dan kekuatan serta kebeningan hati sebagai “kesadaran yang lebih tinggi”. Tentu saja siraman ini tidak serta merta langsung mematikan api egosentrisme, libido dan syahwat kepentingan yang senantiasa menyeruak ke depan, intrik dsb yang muncul dalam decision-making process secara seketika, namun secara perlahan, merasuk ke dalam hati dan bawah sadar para pengambil keputusan tanpa disadari, “tanpa rasa sakit” dan tanpa “mengganggu” tetapi bahkan terasa nikmat. Silakan kecanduan metode ini. Dalam kadar yang sangat rendah, metode ini mampu menggantikan fungsi sensasi “ekstasi” dalam pikiran. Wah.. mending kecanduan ini daripada kecanduan narkoba.. hehe…. 🙂

Proses pengambilan keputusan (walau mungkin masih tetap “ruwet”, karena proses politik) akan berjalan lebih smooth, menyenangkan, tidak menguras energi —fresh terus— walaupun rapat secara maraton (itu yang dapat dirasakan secara sadar, jadi gak perlu “dopping” deh… ntar “dopping”-nya yang bisa bergoyang lagi… wkwkwk…. 🙂 ) dan last but not least keputusan yang diambil menjadi jauh lebih baik dan sarat ide yang lebih fresh disertai perasaan yang lebih segar pula. Yang tak kalah penting, para pengambil keputusan, lebih mudah mengontrol emosi dan tidak mudah stres! Dalam kondisi yang lebih berdaya ini, maka kebijakan publik yang dihasilkan, lebih selaras dengan hati nurani, yang murni, yang tak pernah bohong.

hypno policyTampak lebih ke personalis ya.. Paradigma baru Kebijakan Publik, yakni Miracle Policy, MDM ini secara operasional memang menyasar para pengambil keputusan, pengambil kebijakan, sebagai agent of change, sebagai aktor utama pemroduk kebijakan. Diperlukan perubahan pada level mikro-subjektif, yakni agen, aktor kebijakan publik. Personal Changing!

Saya mempercayai, bahwa aktivitas kebijakan publik merupakan aktivitas rekayasa sosial, social-political engineering. Dan elemen penentu utama social-political engineering adalah Human Factors!

Human Factors, faktor manusia, sumberdaya manusia, merupakan inti dari aktivitas kebijakan publik, rekayasa sosial (politik) dan civil society engineering. Mengubah tatanan sosial dari DNA-nya! Memenuhi public discourse dengan personal discourse yang memberdayakan! Treatment pada Human Factors untuk mengepung (pembentukan) tatanan sosial baru. Inilah skala makro yang dapat dijangkau oleh MDM: penyiapan civil society engineering menuju New Social Order! Perjalanan 1 li dimulai dari 1 langkah (Pepatah Tiongkok).

Happy Miracle!

Baca Juga:

Conquer Your New Year 2011

HEAL-P

Social Entrepreneur

Personal Trust Institutionalization: Strategy of Actuating People’s Participation in Adapting Government’s Innovative Policy

Satu pemikiran pada “Miracle Policy is Miracle Decision Making

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s