Hipnoterapi


Hipnoterapi adalah terapi dengan menggunakan teknik hipnosis (umumnya disebut ‘hipnotis’).

Hipnosis itu sendiri suatu metode memasuki kesadaran pikiran seseorang hingga dalam wilayah ‘bawah sadar’ menembus ‘lapisan pertahanan’ pikiran (disebut ‘critical factor’). Orang yang berada dalam pengaruh hipnosis ini lazimnya disebut dalam keadaan ‘hipnose’ atau “tidur dalam kesadaran”. Subjek (orangnya) masih bisa menyadari keadaan sekelilingnya. Jadi tidak tidur beneran atau tak sadarkan diri alias “pingsan” hehe… 🙂 . Lha orang yang melakukan tindakan meng-hipnosis orang disebut ‘hipnotist’… Ya.. macam dokter gigi, disebut ‘dentist’… pokoknya yang tist tist.. itu mesti ‘orang yang ahli melakukan…’. Contohnya… romantis… hehe… 🙂 sorry bercanda… *hidup perlu bercanda boss…. biar senyum terkembang… dan dunia mekar indah bersama senyum anda…. 🙂

Lha… lanjut ya..

Dalam kondisi “tidur” hipnose inilah terapi (hipnoterapi) dilakukan.

Hipnoterapi dilakukan atas dasar kesepakatan antara hypnotherapist dengan klien atau subjek atau suyet yakni orang yang di-hipnosis atau di-hipnoterapi. Hipnoterapi dilakukan untuk memperbaiki kondisi diri personal orang tersebut, baik itu untuk tujuan penyembuhan dari gangguan-gangguan psikis maupun pemberdayaan diri.

Bagaimana hipnoterapi bisa dilakukan?

Hipnoterapi dilakukan dengan memasuki alam pikiran bawah sadar untuk mengaplikasikan beberapa “intervensi” terapeutik di sana agar pikiran bawah sadar ini selanjutnya ‘memprogram’ pikiran sadar yang selanjutnya memerintahkan organ tubuh, dst.

Setiap orang memiliki harta dan modal besar yakni pikiran. Tinggal bagaimana pemiliknya mendayagunakannya!

Faktanya: orang hanya menggunakan kurang dari 10 % kemampuan otaknya. Dan, aktivitas manusia dikontrol oleh pikiran sadar sebesar 12% dan pikiran bawah sadar sebesar 88% !”

Nah.. bagaimana agar potensi luar biasa tersebut (88%) bisa didayagunakan?

Baik, kita simak dulu beberapa pendapat pakar ini:

Norman Vincent Pale,  menyatakan:
“Banyak orang, mungkin sebagian besar orang, tidak pernah memanfaatkan  kekuatan potensial di dalam kepribadian diri sendiri. Di dalam diri Anda terdapat sumber kekuatan yang sangat besar: kekuatan pikiran bawah sadar! Iman membebaskan kekuatan ini, kemudian kekuatan mental, emosional dan spiritual, yang muncul lebih dari sekedar cukup untuk menolak kekalahan anda”. (Sulaiman Al-Kumayi, Kecerdasan 99, Hikmah, Jakarta, 2003).
Carol Burnett, mengemukakan:
“Hanya saya yang dapat mengubah hidup saya. Tak ada yang bisa melakukannya untuk saya.” (Majalah Warta Bisnis, Edisi 28/II/Juli 2004).
Sementara itu, Napoleon Hill menegaskan:
“Apapun yang bisa dipahami dan diyakini oleh pikiran manusia, berarti bisa dicapai” (IS Prima, Get Rich With Your Brain: Meraih Kesuksesan dan Kekayaan Dengan Kekuatan Otak, Kinza Books, 2009).

Hipnoterapi, diterapkan untuk membuka, mengaktifkan dan mendayagunakan pikiran bawah sadar anda yang 88% tersebut. Atau, dengan kata lain, dilakukan ‘pemrograman ulang pikiran’ (Mind Reprogramming).

Secara praktis, hipnoterapi digunakan untuk mengatasi masalah-masalah psikis – mental, antara lain:

  • Mengalami kejadian yang tidak mengenakkan, luka batin, trauma masa lalu yang membekas hingga kini dan sangat mengganggu pikiran dan tindakan anda.
  • Emosi negatif.
  • Merasa bersalah karena sesuatu hal dan menyalahkan diri sendiri karena kesalahan di masa lalu.
  • Merasakan sakit yang tidak jelas (padahal secara medis dinyatakan tidak sakit).
  • Merasa tidak mampu melakukan sesuatu padahal memiliki banyak kelebihan (kecerdasan, keterampilan, kekuasaan, dsb).
  • Mengalami masalah dengan penanganan/ pendidikan putra/putri Anda.

Sebagian fenomena di atas merupakan mental block, sebagian yang lain merupakan pengalaman traumatik, fobia, inferior complex syndrome (gangguan perasaan rendah diri), sebagian lagi, dapat berupa psiko-somatis (gangguan tubuh yang disebabkan oleh gangguan psikologis).

Hipnoterapi juga bermanfaat juga untuk:

  • Mengubah kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baik yang mencerahkan,isalnya: ingin berhenti merokok, minum minuman keras/ beralkohol, dsb. Terapi Personal Changing dapat membantu anda.
  • Menyembuhkan fobia pada benda-benda dan atau situasi tertentu.
  • Mengelola pikiran untuk menjadi lebih baik.

Atau menyembuhkan/ mengatasi:

  • Kesulitan / hambatan belajar.
  • Malas, kurang konsentrasi, tidak termotivasi, maunya main melulu.
  • Tidak percaya diri.
  • Sulit berbicara (terutama di depan umum).
  • Takut ketika menghadapi ujian, pertandingan.
  • Alergi melihat buku.
  • Fobia pada sesuatu benda dan atau situasi tertentu.
  • Dsb.

Semua persoalan di atas adalah persoalan “pengelolaan pikiran”, yang memerlukan penanganan “radikal”, yakni lebih mendalam hingga ke bawah sadar, dengan “pemrograman ulang pikiran” (Mind Reprogramming).

Miracle Ways™: Mind Reprogramming & Accelerated Learning

cropped-miracleways-slogan-luk.jpg

membantu Anda mewujudkan perubahan radikal pada diri Anda dan atau putra/ putri Anda secara konkret, efisien, efektif!

Siap menyongsong perubahan radikal pada diri Anda dan atau putra/putri Anda? Kapan berubah? Sekarang !

Sekaligus, mantapkan dengan perencanaan program Anda dan atau putra/ putri Anda sekarang juga! Metode Strategic Thinking dengan Goal Setting & Well Formed Outcome dan Time Line Programming akan membantu Anda mengurai dan memetakan jalur-jalur pikiran Anda sehingga Anda lebih mudah melakukan analisis, pemikiran & perencanaan strategis, mengeluarkan ide-ide cemerlang, serta menyimpan dan mengakses memori jangka pendek dan jangka panjang Anda dengan lebih baik. Dalam bagian ini Anda juga diajak untuk melatih diri mengambil keputusan dengan lebih baik, dengan berbasis kekuatan intuisi. Selanjutnya, adalah mengkristalkan rajutan pikiran dalam pemrograman bahasa neuron (“bahasa otak”) yakni dengan mengajari, menghidupkan dan “mengkristalisasikan” serta memberi pengalaman pada otak bawah sadar (beserta neuron) tentang dan untuk ‘obyek yang akan dicapai’.

Bagi pelajar, program ini bermanfaat untuk mengedukasi pikiran sadar dan bawah sadar akan study plan (rencana belajar) beserta program kegiatan yang menyertainya. Pelajar akan lebih memahami dan mengalami pencerahan terkait tujuan belajarnya.

Ingat:

Keajaiban pikiran bawah sadar (88%) dan “apa yang dapat dipahami dan diyakini pikiran manusia berarti dapat dicapai” (Napoleon Hill).

“Effective decision making, trust your intuition” (Brian Tracy).

“Imajinasi lebih powerful daripada pikiran” (Albert Einstein).

 

Lebih lanjut….

MANFAAT HIPNOTERAPI

Dari sekian banyak manfaat hipnoterapi, yang memang untuk keperluan membawa seseorang untuk ‘move on’ secara mental untuk menjadi lebih baik, dari pengalaman saya, paling banyak terkait dengan MENTAL BLOCKS.

Nah, silakan cek MENTAL BLOCKS yang rata-rata disebabkan oleh ‘kekeliruan program’ dalam kehidupan seseorang, atau yang lazim disebut ‘PROGRAM NEGATIF‘.

Selanjutnya, jika mau, anda bisa lihat-lihat beberapa penggunaan praktis hipnoterapi (di MiracleWays ini aplikasi teknikal hipnoterapi telah dimodifikasi), untuk digunakan antara lain di bidang:

PARENTING

PENGAJARAN, yakni MiracleTeaching

serta untuk mendidik anak sejak dalam kandungan atau HipnoBaby atau MiracleBaby.

Sedangkan untuk pemrograman pikiran dan emosi secara komprehensif, dengan menggabungkan teknik-teknik hipnoterapi, NLP, Inner Heart, MiracleWays menciptakan metode belajar efektif, bernama MiracleLearning.

PENYEMBUHAN Kasus Psikis Dengan Hipnoterapi <– klik.

 

Demikian penjelasan tentang hipnoterapi dan sekitarnya…  Semoga membantu..

Salaam.

Iklan

2 pemikiran pada “Hipnoterapi

    1. Sdr Dedi Abdul Wahid..

      Merasa sulit berbicara atau bertanya di depan umum / audiens berkaitan dengan persepsi anda tentang lingkungan sekitar. Ubahlah persepsi tsb dari sesuatu yang menyebabkan perasaan negatif menjadi sesuatu yang memicu perasaan nyaman sehingga anda bisa berbicara di depan umum/ audiens..

      Terimakasih.
      Salam MiracleWays… Jalan ajaib selalu anda temui..!

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s