Membangun Percaya Diri

Melanjutkan hasil kesimpulan anda pada artikel “Yakinkah Anda Mampu Melompati Parit Selebar 5 Meter?”, apakah yang dapat anda katakan? Coba runutkan dari jawaban-jawaban pada tiap-tiap pertanyaan. Lanjutkan terus hingga ke jawaban atas “Tugas” Buat kesimpulan. Apa pendapat anda tentang kesimpulan tersebut? Ada yang hendak dikatakan? Langsung refleksikan pada diri anda ya…. Membantu Membangun Percaya Diri: Baca artikel: “Kapan Terakhir Kali Anda Mengalami Perasaan Paling Hebat?” … Lanjutkan membaca Membangun Percaya Diri

Meutilisasi Hati dan Pikiran Untuk Produktivitas

Hati dan pikiran merupakan locus energi potensial manusia, yang jika di-utilisasi optimal dapat memunculkan kekuatan pemberdayaan diri yang dahsyat ! Dalam kondisi “biasa” tanpa “niat” apa-apa, kita seringkali mengalami fenomena “ajaib” ini, misalnya mengalami berada di tempat lain dalam kondisi hampir tidur (masih terjaga), mendengar atau masih merasakan kehadiran suara teman kita, orangtua kita, anak kita pada situasi yang lain, fenomena mimpi, dan sebagainya. Pada … Lanjutkan membaca Meutilisasi Hati dan Pikiran Untuk Produktivitas

Hipnoterapi Untuk Persiapan Ujian Nasional

Ditulis oleh:

Stebby Julionatan, Staff Humas dan Protokol Pemerintah Kota Probolinggo

Menjelang Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan April mendatang, beberapa sekolah dasar di Kota Probolinggo mulai menyiapkan murid-muridnya untuk menghadapi UN. Dan salah satu bentuk persiapan yang digelar oleh sekolah-sekolah tersebut adalah melalui hipnoterapi seperti yang beberapa waktu lalu digelar oleh MI Muhammadiyah, SDN Mangunharjo 6 dan SDN Kedungasem 4.

Lantas apakah hipnoterapi ini benar-benar efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa? Dan secara bagaimana pandangan dunia akademik mengenai hal ini? Lanjutkan membaca “Hipnoterapi Untuk Persiapan Ujian Nasional”

Anak Cerdas Berprestasi Tapi Mental Down

Kasus yang ini sebenarnya tidak unik karena siapapun bisa mengalami kondisi mental down. Jika sudah down, maka semangat juang jadi hilang, tidak tenang dan tidak mampu menguasai diri. Dalam banyak kasus bahkan diikuti dengan rasa nyeri pada lambung dan bagian pankreas. Jika keterusan ya bahaya juga, bisa terkena sakit fisik betulan. Namun jika kasus tersebut menimpa seorang anak (pelajar) yang tergolong “anak pintar”, cerdas, berprestasi dan tidak ada maslaah dengan pergaulan sosialnya, ini bisa dibilang “aneh”. Karena umumnya, “anak pintar” itu identik dengan “tidak ada masalah” .

NA, seorang pelajar berprestasi, cakap berkomunikasi pula, bahasa Inggris juga OK bahkan sering menjuarai berbagai event lomba mulai tingkat kota/ kabupaten hingga provinsi. Nah lu.. tambah aneh kan…. 😀 Lanjutkan membaca “Anak Cerdas Berprestasi Tapi Mental Down”

Dunia Persepsi

Kisah Dari Tiongkok Lama … (bukan Kho Ping Hoo lho…) Seorang petani tua dan seekor kudanya, di sebuah pedesaan di Tiongkok… Pada suatu hari, kuda itu lari, menghilang di pegunungan… Semua tetangga berbela sungkawa… berempati sambil mengasihani si petani sambil beranggapan bahwa nasib buruk sedang menimpa si petani.. Si petani menjawab: Nasib buruk? Nasib baik? Siapa tahu? Seminggu kemudian kuda itu pulang sambil membawa teman-temannya … Lanjutkan membaca Dunia Persepsi

Mengenal Hipnosis dan Menangkal Kejahatan Hipnosis

“Awas! Kejahatan Bermodus Hipnotis Marak Jelang Lebaran” kata judul sebuah berita.

Hampir setiap orang kini akrab dengan istilah “hipnotis” (yang maksudnya adalah “hipnosis”). Lebih-lebih dengan adanya tayangan televisi show Romy Rafael, Uya Kuya… dsb…

Sebenarnya saya tak terlalu suka dengan pertunjukan eksploitasi pikiran orang semacam itu (stage hypnosis, hipnosis panggung), kecuali hipnosis untuk tujuan penyembuhan dan pendidikan (terapi, hypnotherapy) dan.. kecuali juga… jika “kepepet”.. hehe…. Maksudnya, hanya untuk menghibur, tanpa bermaksud “mempermalukan” orang dengan mengumbar pernyataan-pernyataan bawah sadar tanpa si orang tersebut sadar apa-apa yang dikatakannya (makanya jangan terlalu sering nonton TV.. hehe…). Lah.. ini kan pelanggaran privasi orang ya…. tetapi orang-orang pada seneng tuh ketika melihat pertunjukan hipnosis kayak yang di TV tuh.. ketika orang dalam kondisi hipnosa (hypnosis state) alias di bawah pengaruh hipnosis… malah diketawa-ketawain lagi…… Duh.. ampyun….. Masyarakat kita rupanya demen banget “menyiksa” orang.. hehe… atau melihat orang lain “tersiksa”… (terkena malu kan tersiksa ya….). Coba bayangin deh ketika si orang yang terkena pengaruh hipnosis tadi dikasi tahu apa-apa yang dia omongin ketika tak sadar tadi (misal, disuruh ngelihat rekaman video-ya.. hiks… pastilah dia mesuh-mesuh gak karuan….).. *** Untuk anda yang gak paham apa itu mesuh… Mesuh.. is mengumpat hehe…. Kalau di Surabaya, mesuh is the best coy…. eh, biasa gitu.. Malah jadi ungkapan keakraban….

Yupz.. hipnosis tu sebuah teknik memasuki pikiran bawah sadar orang… dan memanfaatkannya. Untuk apa? Ya terserah hipnotist (tukang hipnosis)-nya. Saya biasa menggunakan untuk keperluan penyembuhan dan pendidikan. Kejahatan hipnotis? Lanjutkan membaca “Mengenal Hipnosis dan Menangkal Kejahatan Hipnosis”

Sukses Belajar

Sukses Belajar?

Apa yang anda pikirkan tentang ‘sukses‘? Tentang ‘belajar‘?

Dan apa pula ‘sukses belajar‘ itu?

Sukses Belajar. Ditentukan oleh definisi kita tentang “sukses”. Apa indikator “sukses” dalam belajar. Dan apa pula batasan “belajar”. Okay, kalau yang dimaksud adalah ‘belajar” dalam arti “meningkatkan kemampuan kognitif” misalnya melalui kegiatan sekolah, kursus, kuliah, baca buku, dan aktivitas-aktivitas lain yang sejenis, maka, apa TARGET dari aktivitas “belajar” tersebut? Dan apa INDIKATOR “sukses”. Definisi yang kita buat akan menentukan AKSI dan TARGET kita. Termasuk HASIL-nya. Lanjutkan membaca “Sukses Belajar”

Pikiran Terhubung Dengan Orang Lain?

Pernahkah suatu ketika Anda memikirkan sesuatu, secara “kebetulan” sesuatu yang terlintas pada pikiran Anda tersebut tiba-tiba saja nongol? Atau sedang memikirkan atau membayangkan seorang sahabat, dan kemudian pada saat yang hampir bersamaan, anda menerima telepon atau SMS atau WA dari sang sahabat? Ternyata di saat yang sama dia juga memikirkan Anda. Atau pernahkah Anda mengirimkan SMS atau WA pada teman dan teman Anda pun demikian? Kok nyambung ya…. Jangan-jangan…. waduh….. Tenaaaang, don’t worry... jangan panik dan menuduh teman Anda menggunakan sejenis “ilmu klenik”.. hehe.. :D. Itu karakter dari pikiran. Jika kita bisa mendayagunakannya sesuai karakter ini… Lanjutkan membaca “Pikiran Terhubung Dengan Orang Lain?”