Bekerja Dengan Hati dan Pikiran Positif


Bekerja Dengan Hati dan Pikiran Positifadalah pelatihan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyelaraskan pikiran, emosi dan hati peserta untuk meneguhkan capaian kognitif secara mendalam dan dibatinkan untuk mencapai perubahan personal (personal change) secara nyata.

Dalam organisasi atau perusahaan, seorang pegawai atau karyawan bisa saja mengalami berbagai kemunduran produktivitas personal, berkurangnya antusiasme bekerja, atau sekadar jenuh karena rutinitas pekerjaan sehingga mudah stress dan menganggap suasana di tempat kerja dijadikannya sebagai pemicu rasa tertekan dan tidak nyaman.

Bisa jadi, pegawai atau karyawan yang mengalami hal seperti ini pernah atau telah menjalani program-program pelatihan, kursus, ikut forum motivasi dan aneka program up-grading lainnya. Secara kognitif, ia telah mengerti dan pengetahuannya bertambah. Dengan kata lain, teorinya sudah diketahui. Akan tetapi, bagaimanakah ia ‘menerjemahkan teori dan pengetahuan’ tersebut ke dalam dirinya sehingga ia mampu melakukan perubahan diri? ‘Mengetahui’ berbeda dengan ‘memahami’. Memahami’, berbeda dengan ‘menjiwai’, ‘menghayati’ (internalisasi).

Nah, SDM memang merupakan aspek penting bagi perkembangan organisasi atau perusahaan, karena bersinggungan langsung dengan perilaku kinerja yang berdampak langsung pada kemajuan atau kemunduran organisasi/perusahaan. Persoalannya, terkadang pengelolaan SDM  menemui masalah non-teknis (di luar skills teknikal), dan peningkatan kapasitas SDM melalui training/motivasi/ workshop, dsb pun menemui kendala yakni kurang berefek optimal pasca training. Hal ini terjadi karena pembelajaran terjadi di wilayah kognitif (arena pengetahuan baru), tidak mengubah struktur mental dan emosi  peserta.

Pelatihan Bekerja Dengan Hati dan Pikiran Positif, bertujuan melakukan ‘internalisasi’ sistem pengetahuan dengan menyentuh-padukan sisi logika – emosi (emotion) dan kedirian seseorang untuk menghasilkan pemahaman diri dan konsep diri yang lebih baik sehingga mampu menumbuhkan motivasi-diri (self-motivated person), yakni motivasi dari hati

Bekerja Dengan Hati dan Pikiran Positif  merupakan pelatihan dengan menggunakan pendekatan ‘terapeutik’  untuk melakukan perubahan personal mulai dari ‘kesadaran luar (logika)’ yang menggugah kesadaran berpikir peserta terkait tugas dan fungsinya bersambung ke ‘kesadaran dalam’ (inner awareness’) . Konsep ‘memahami’ adalah menghayati dan menyatukan (menginternalisasi) nilai -nilai organisasi/ perusahaan ke dalam nilai diri.

Klik Gambar Untuk Info Detil dan Download PDF

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s