Clear Up Your Head From Hoax

Clear Up Your Head From Hoax


Kebanyakan mendapat asupan hoax atau info ndak jelas di dunia maya akan merusak pikiran, menyebabkan gangguan emosi, pikiran dan fisik!

sosmed-bolaIni risiko penduduk dunia maya. Tepatnya masalah bagi mereka yang menghuni dan bersosialisasi di dunia maya, dunia cyber, dunia online. Dunia online, adalah rimba belantara informasi. Tanpa penunjuk arah dan filter, orang bisa tersesat, menjadi sesat pikir dan menyesatkan orang lain… hehe… Terdapat banyak sekali situs-situs online yang menyajikan aneka berita yang sebagian link-nya tersebar di facebook dan media sosial lain. Sebenarnya memudahkan kita yang membutuhkan berita atau informasi. Hanya saja, persoalannya, kita sulit sekali menyaring berita-berita benar atau hoax (berita bohong, palsu). Setidaknya, kita harus tahulah bahwa sebagian (mungkin sebagian besar) berita-berita yang berseliweran itu hasil copywriting, atau tulisan yang diproduksi untuk mengisi situs-situs atau blog tersebut, yang dipesan dari jasa orang yang memproduksi tulisan pengisi blog tersebut. Dan celakanya, copywriting ini kurang jeli memeriksa kontennya, bahkan ejaannya. Konten sekenanya pada situs-situs tertentu yang dibuat hanya untuk untuk meramaikan traffict (jumlah kunjungan) untuk tujuan monetizing (menghasilkan uang). Banyak cara agar situs tersebut dikunjungi orang. Umumnya di-setting agar menimbulkan rasa penasaran orang sehingga orang mau klik. Biasanya menumpang isu yang lagi hot, terkenal sehingga tampak update sehingga dinilai ada “berita baru”, orang mau klik. Eh ternyata isinya ngaco… Lebih ngaco lagi ketika isinya cuma sampah.. lebih celaka berisi hoax…Dan lebih celaka kuadrat lagi, jika anda terjebak di situ ampe pusing… hihi…. 🙂

Dah.. yang macam beginian jumlahnya buanyaak.. Abaikan saja biar otak gak stres… hehe….

Beberapa tips kecil

Tips #1:

Jika anda baca situs berita online yang redaksional judulnya salah, walaupun “cuma” salah ketik, STOP! Jangan teruskan baca berita tersebut! Kalau menulis judul yang sangat menyolok mata saja salah, isinya pasti tidak beres! Ibarat tubuh, judul itu wajah. Dibaca duluan. Pasti diperhatikan oleh penulisnya. Jika misalnya salahpun, pasti segera direvisi. Jika tetap salah sampai anda baca, jangan buang-buang energi untuk mengurusi situs seperti itu, hanya bikin pusing kepala saja.

Bener kan… anda pasti pusing dan buang-buang waktu saja membaca dan menuruti berita-berita online yang tidak jelas.

Pengalaman seorang teman, yang mengeluh, ketika “terjebak” keruwetan jalan raya dunia online yang hiruk pikuk. Dia menuturkan:

“Awalnya saya percaya saja berita-berita itu. Saya pikir, mosok berita bohong dipublikasikan. Kan malu jika ketahuan bohongnya. Terlalu sering baca berita-berita dan tulisan-tulisan itu, lama-lama saya bingung. Kok ndak masuk akal, eh akhirnya saya sadar kalau itu hoax. Jadi ngerti hoax deh… hihi… Tapi juga, lama-lama saya bingung lagi mas, terus siapa yang saya percaya, kalau sudah gini… Akhirnya saya sekarang pilih untuk tidak mau baca berita-berita online itu mas. Saya ganti bacaan saya. Saya baca buku saja.”

Penuturan teman ini bisa terjadi pada siapa saja. Di jaman online ini memang lebih efektif jika menyebarkan informasi, gagasan, pemikiran, atau apapun produk pemikiran kita melalui internet, online. Hanya saja, kita harus selektif mencari bacaan-bacaan yang bemanfaat dan menyehatkan jiwa, bukan yang malah bikin sakit. Tindakan teman tadi benar, menggantinya dengan membaca buku, tetapi mengutuk semua informasi dan tulisan online semuanya bikin pusing, ya tidak benar juga. Bahkan buku cetak pun juga banyak yang isinya sampah. Nah looh…

Tips #2:

Jika anda terlanjur pusing membaca sumber-sumber online, hentikan dulu. Istirahatkan pikiran anda. Relaksasikan, lebih baik. Cari sumber-sumber online yang dapat dipercaya. Jika anda belum dapat mengenali situs-situs terpercaya (memang tidak ada daftarnya sih “kantor polisi online”.. hehe..), cari saja situs-situs resmi lembaga, situs profesi, situs yang memuat pelayanan untuk publik dan yang sejenis ini. Ini relatif aman. Untuk sementara abaikan dulu situs-situs berita, apalagi yang menulis judul saja salah.

Memilih bacaan yang baik dan membaca bacaan baik merupakan asupan nutrisi baik bagi otak dan bermanfaat bagi kesehatan dan kesegaran jiwa.

Gimana jika dah terlanjur “keracunan”… 🙂

Refresh pikiran dan emosi ! Renaturalisasi pikiran dan emosi! Bersihkan dan buang cache! Baca di MiracleWays Energy Healing dan Inner Peace.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s